Menu

Persija Siapkan Stadion Alternatif Bila Tak Bisa Gunakan Tiga Stadion Asian Games 2018

Persija Siapkan Stadion Alternatif Bila Tak Bisa Gunakan Tiga Stadion Asian Games 2018

Persija Siapkan Stadion Alternatif Bila Tak Bisa Gunakan Tiga Stadion Asian Games 2018

Asci2016.com – Mulai awal Mei 2018 tiga stadion yang menjadi markas Persija Jakarta ditetapkan sebagai stadion Asian Games 2018, karena hal tersebut stadion hanya boleh digunakan untuk Asian Games 2018.

3 Stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Selain SUGBK, dua tempat pertandingan lainnya tengah dalam masa renovasi untuk Asian Games 2018.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi Liga 1 telah menjadwalkan Persija akan melakukan tiga partai kandang hingga Mei yang masing-masing akan melawan Arema FC pada 31 Maret, Borneo FC pada 14 April, dan Persib Bandung pada 28 April.

Tiga partai kandang awalnya akan digelar di stadion yang berada di ibu kota dan sekitarnya seperti Stadion SUGBK, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Persija meminta Kemenpora untuk menyampaikan kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengarah Asian Games 2018 agar memberikan izin untuk bertanding di ketiga stadion tersebut pada Mei 2018.

Sebelumnya Inasgoc sebagai panitia penyelenggara Asian Games telah memutuskan tiga stadion yang ditunjuk sebagai tempat pertandingan untuk Asian Games 2018 hanya boleh digunakan untuk penyenggaraan multievent itu.

“Stadion masih belum mendapat kepastian di ibu kota dan sekitarnya. Kita sudah mengirim surat kepada wapres, isinya meminta saran, petunjuk, dan kebijaksanaan. Persija ingin menggunakan tiga stadion di Jabodetabek,” ujar Direktur Utama Persija, I Gede Widiade dalam konferensi pers di Kantor Persija, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2018).

Pada Agustus hingga September 2018m Asian Games 2018 akan dimulai. Namun, tiga stadion yang akan menjadi tempat pertandingan cabang sepak bola akan dikosongkan mulai Mei mendatang.

Persija meminta kebijaksanaan dari Kemenpora dan Inasgoc untuk mengizinkan menggunakan salah satu dari tiga stadion itu. Dengan pertimbangan, kalau tidak stadion tersebut tidak dipakai Inasgoc untuk menggelar kegiatan menjelang Asian Games 2018.

“Alasannya, bahwa tiga stadion itu tidak semuanya digunakan untuk cabor sepak bola di Asian Games. Kalau tidak digunakan, kita dapat pakai untuk homebase,” papar Gede.

Jika Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak digunakan untuk venue pertandingan bola Asian Games 2018. Namun sebagai tempat untuk menggelar upacara pembuka dan penutupan gelaran Asian Games 2018.

Persija sendiri telah siapkan stadion alternatif bila tak bisa menggunakan tiga stadion tersebut. Persija menjadikan Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, sebagai markas untuk kompetisi 2018.

“Pemerintah Bantul sangat welcome ke kita,” tutup Gede.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *