Menu

Dewan Olimpiade Malaysia Memperketat kriteria seleksi para atletnya untuk Asian Games 2018

Asci2016.com – Datuk Seri Mohamad Norza Zakaria, Presiden Dewan Olimpiade Malaysia (MOM), membenarkan jika jumlah atlet negaranya pada Asian Games 2018 tak akan sebanyak edisi sebelumnya.

Pada Asian Games 2014, Malaysia mengirimkan atlet sebanyak 277. Dengan jumlah tersebut, Malaysia hanya berhasil membawa pulang lima medali emas, 14 perak dan 14 perunggu.

Untuk Asian Games 2018, MOM memutuskan untuk memperketat kriteria seleksi para atletnya. Hanya atlet berkategori A yang akan dikirim ke Indonesia untuk berjuang membawa nama baik Malaysia.

Pada Asian Games 2014, Atlet yang dipastikan masuk kategori A adalah atlet yang masuk empat besar. Sebelumnya, atlet yang masuk kategori A adalah atlet yang menempati posisi enam.

Sementara untuk atlet yang masuk kategori B bisa ikut Asian Games 2018 dengan didanai pengurus cabor. Namun, dana itu bisa dikembalikan jika sang atlet berhasil mendapatkan medali.

“Meskipun kriteria pemilihan baru akan menimbulkan ketidakpuasaan dari kalangan pengurus cabang, tapi kami berasumsi telah menjelaskan kendala yang kami hadapi,” ujar Norza Zakaria.

“Jika kami bisa mendapatkan alokasi dana yang lebih banyak, mungkin kami akan mempertimbangkan mereka yang tidak memenuhi syarat untuk kategori A,” tambahnya.

Kebijakan MOM untuk memperketat seleksi atlet untuk Asian Games 2018 jelas ditentang oleh pengurus cabor. Satu di antaranya adalah pengurus cabor sepak takraw Malaysia.

“Sekiranya tidak punya uang, tidak perlu merekrut banyak pegawa untuk Dewan Olahraga Nasional. Sebaliknya, lebih baik uang itu digunakan untuk membawa atlet ke Asian Games di Indonesia karena mereka yang akan bertanding,” ucap ketua pengurus cabor sepak takraw Malaysia, Datuk Seri Ahmad Ismail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *